Pengelolaan
Kelas
A. Pengertian
Pengelolaan Kelas
Merupakan kegiatan untuk menciptakan dan
mempertahankan kondisiyang optimal nagi terjadinya proses belajar efektif
didalam kelas.
B. Manajemen
Kelas
v Membuat
kelas sebagai tempat belajar
v Menciptakan
proses belajar yang efektif didalam kelas
v Menciptakan
suasana kelas yang kondusif untuk terjadinya proses belajar.
v Selalu
berusaha agar siswa benar-benar akrtif dalam belajar
v Mengupayakan
suasana-suasana yang membantu proses belajar menjadi lebih efektif dan efisien
C. Tujuan
Manajemen Kelas
v Mewujudkan
situasi dan kondisi kelas , baik sebagai
lingkungan belajar dan kelompok belajar yang memungkinkan siswa untuk
mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
v Menghilangkan
berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar dan
mengajar yang efektif.
v Meyediakan
dan mengatur fasilitas perabotan yang mendukung dan memungkin siswa dapat
belajar secara efektif.
v Membina
dan membimbing sesuai dengan latar belakang sosial , ekonomi, budaya serta
sifat-sifat individunya.
D. Tren Manajemen Kelas
Lama
|
Baru
|
·
Menekankan pada
penciptaan dan pengaplikasian aturan untuk mengontrol siswa.
|
· Fokus
pada kebutuhan siswa untuk mengembangkan hubungan dan kesempatan untuk menata diri.
|
·
Mengorientasi
siswa pada sikap pasif dan patuh pada
aturan ketat yaitu melemahkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang
aktif.
|
· Menekankan
pada bimbingan siswa menjadi menjadi lebih disiplin dan tidak terlalu menekan
kan pada faktor kontrol eksternal atas diri siswa.
|
·
Guru bertugas
sebagai pengatur
|
· Menekankan
pada siswa, guru bertugas sebagai pemandu, koordinator, dan fasilisator.
|
·
Merupakan model
gaya mengajar yang permisif
|
· Penekan
pada regulasi diri siswa tersebut.
|
“salah satu kunci dalam manajemen kelas
di awal masa sekolah yaitu menyampaikan aturan dan prosedur yang digunakan
kelas (Kontrak) dan mengajak siswa untuk mematuhinya”
E. Manfaat
Manajemen Kelas Kepada Siswa dan Guru
v Manfaat
Manajemen Kelas Bagi Siswa.
o
Mendorong siswa mengembangkan tanggung
Jawab Individu terhadap tingkah lakunya serta sadar akan mengendalikan dirinya.
o
Membantu siswa menampilkan tingkah
lakunya sesuai dengan tata tertib kelas dan merasakan teguran guru sebagai
suatu peringatan bukan suatu kemarahan.
o
Menimbulkan rasa kewajiban yang
melibatkan dari dasar tugas serta bertingkah laku yang wajar.
v Manfaat
Manajemen Kelas Bagi Guru.
o
Mengembangkan pengertian dan
keterampilan dalam memelihara kelancaran penyajian dan langkah-langkah
pelajaran secara tepat dan baik.
o
Memiliki kesadaran terhadap kebutuhan
siswa dan mengembangkan kompetensi dari dalam serta memberikan pengarahan yang
jelas kepada siswa
o
Memberikan respon secara efektif
terhadap tingkah laku siswa yang menimbulkan gangguan.
F. Strategi Mnajemen Kelas
v Mengajak
siswa untuk berkomunikasi
v Mengajak
siswa dalam meyelesaikan masalah / mengatasi
problem secara efektif
v Membimbing
siswa untuk berbagi dan mengemban suatu tanggung jawab dengan membangun dan menegakkan aturan
v Mendesain
ruangan kelas menjadi tempat yang efektif serta menciptakan lingkungan yang positif untuk pembelajaran
menjadi lebih optimal.
v Meningkatkan
waktu pembelajaran akademik yang baik dengan membantu siswa menghabiskan lebih
banyak waktu untuk belajar dan mengurangi waktu aktivitas yang tidak
diorientasi pada tujuan.
v Memberikan
ceramah yang efektif agara dapat menjalin hubungan dengan siswa .
G. Gaya
Penataan Lingkungan Fisik Kelas
Terdapat
gaya penataan tempat duduk dalam mengorganisasikan lingkungan fisik kelas yaitu
:
v Gaya
Auditorium
Gaya
susunan kelas ketika semuasiswa duduk menghadap guru
v Gaya
Tatap Muka (face to face)
Gaya
susunan kelas saat murid saling berhadapan
v Gaya
Off-set
Gaya
susunan kelas ketika sejumlah murid (biasanya tiga atau empat anak) duduk
dibangku,tetapi tidak duduk berhadapan langsung satu sama lain.
v Gaya
Seminar
Gaya
susunan kelas ketika sejumlah besar siswa (sepuluh atau lebih) duduk di susunan
berbentuk lingkaran, atau persegi, atau berbentuk U.
v Gaya
Klaster (cluster)
Gaya
susunan kelas dimana sejumlaj murid (biasanya empat sampai delapan anak) bekerja
dalam kelompok kecil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar